Perkembangan teknologi dan pasar di Indonesia saat ini ternyata
ikut mengiringi laju pertumbuhan UKM. Bahkan setiap harinya muncul UKM baru yang siap untuk ambil bagian
meramaikan persaingan pasar. Namun yang masih disayangkan adalah, tidak semua
UKM yang muncul bisa sukses menghadapi persaingan
pasar
Motivasi yang mendorong sebagian besar orang menjalankan
usaha kecil menengah yaitu untuk memperoleh penghasilan ataupun keuntungan.
Sehingga meningkatnya pertumbuhan UKM ternyata tidak diimbangi dengan
perkembangannya. Banyak pelaku usaha, yang belum optimal dalam menjalankan
bisnisnya. Yang terpenting bagi mereka adalah bisnisnya masih bisa berjalan dan
memberikan penghasilan untuk
memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.
Keadaan seperti itulah yang membuat beberapa UKM hanya jalan
ditempat alias tidak berkembang, hingga akhirnya hilang begitu saja ditengah
persaingan pasar yang semakin ketat. Padahal bila mereka mau mengelola usahanya
dengan optimal, bukan tidak mungkin sebuah UKM dapat berkembang menjadi
industri besar.
Oleh sebab itu, untuk meningkatkan motivasi bisnis para pelaku UKM dalam
menjalankan usahanya. Mari kita bahas bersama mengenai beberapa kiat
sukses mengembangkan UKM
Pertama sebagai pelaku UKM,
Anda harus menyadari bahwa yang menjadi pemimpin perusahaan adalah Anda. Oleh
sebab itu, jadilah pemimpin yang baik bagi usaha Anda sendiri. Layaknya
pimpinan perusahaan besar, Anda sebaiknya juga memiliki visi dan misi serta
segala rencana yang menjadi target usaha Anda. Jangan hanya menjalankan usaha
dengan mengalir, tanpa tujuan atau target ke depan yang jelas.
Kedua walaupun usaha Anda
masih terbilang kecil, namun mulai sekarang belajarlah untuk mengelolanya
secara profesional. Seperti halnya perusahaan besar, Anda juga memerlukan SDM
yang membantu pelaksanaan usaha, sedangkan Anda selaku pimpinan bisa
berkonsentrasi untuk merencanakan pengembangan usaha. Sehingga pembagian kerja
lebih jelas, dan semuanya bisa terselesaikan lebih optimal.
Ketiga pisahkan keuangan usaha dengan uang keluarga,
ini yang cukup sering dilupakan para pemilik UKM. Sebagian besar pelaku usaha
mencampur adukan uang usaha dengan uang pribadi, tak heran jika kadang uang
usaha ikut termakan untuk keperluan pribadi atau juga sebaliknya. Untuk menghindarinya,
pisahkan uang usaha dan uang pribadi Anda. Dan buatlah pembukuan untuk mencatat
semua alur kas usaha, agar pendapatan yang masuk dan dana yang dikeluarkan bisa
tercatat dengan rapi.
Keempat salah satu hal
penting dalam menjalankan bisnis adalah strategi pemasaran, hal tersebut juga
sangat diperlukan dalam mengembangkanusaha kecil menengah. Buatlah strategi
untuk mengenalkan produk atau jasa Anda kepada masyarakat luas. Misalnya saja
dengan mencari lokasi usaha yang strategis, membuat merek atau logo produk,
memasarkannya melalui internet, atau mengikuti event-event promosi yang bisa
memperluas peluang pasar Anda.
Kelima teruslah berinovasi
untuk mengantisipasi persaingan pasar. Kondisi pasar yang terus berubah, secara
tidak langsung menuntut Anda untuk selalu memberikan inovasi baru pada produk
maupun jasa yang Anda tawarkan. Ini dilakukan agar produk-produk tersebut tidak
kalah bersaing dengan produk para pesaing. Bila perlu ciptakan produk yang unik
dan belum ada di pasaran, untuk memenangkan persaingan pasar.
Keenam yang terakhir adalah
melengkapi usaha Anda dengan badan hukum. Bagi Anda yang menciptakan produk
baru, sebaiknya penemuan Anda dilengkapi dengan HKI (Hak atas Kekayaan
Intelektual). Sehingga produk Anda terlindung dari kemungkinan duplikasi oleh
pengusaha lain.
Meskipun saat ini Anda menjalankan usaha kecil, namun bukan
berarti impian Anda untuk mengembangkan usaha juga harus kecil. Semoga dengan
adanya informasi tips
bisnis ini,
bisa memberikan motivasi bagi para pembaca khususnya para pelaku UKM untuk
selalu optimal dalam mengembangkan usahanya. Selalu ada kesuksesan, bila Anda
mau berusaha mencapainya. Salam sukses.
Sumber:
Makasih atas info nya, sangat membantu sekali buat saya yang ingin mengembangkan bisnis. saatnya membuat 121 terobosan powerfull UKM
BalasHapus