DINAMIKA KELOMPOK DAN KELOMPOK RUJUKAN
Kelompok Rujukan
Kelompok rujukan adalah setiap orang/kelompok yang dianggap
sebagai dasar perbandingan (atas rujukan) bagi seseorang dalam membentuk nilai
– nilai dan sikap umum/khusus, atau pedoman khusus bagi perilaku. Konsep ini
juga memberikan pandangan mengenai metode yang kadang – kadang digunakan para
pemasar untuk mempengaruhi perubahan yang diinginkan pada perilaku konsumen.
Keluarga
dan Studi Perilaku Konsumen
Studi tentang keputusan keluarga sebagai konsumen kurang
lazim dibandingkan studi tentang individu sebagai konsumen. Alasan untuk
pengabaian dalam studi pembelian keluarga adalah kesulitan dalam mempelajari
tentang keluarga sebagai organisasi. Survey dan metodologi penelitian pemasaran
lain lebih mudah dijalankan untuk individu daripada untuk keluarga. Pemberian
kuesioner kepada seluruh keluarga membutuhkan akses ke semua anggota pada waktu
yang lebih kurang sama, dengan menggunakan bahasa yang mempunyai makna sama
bagi semua anggota keluarga, dan menafsirkan hasil ketika anggota dari keluarga
yang sama melaporkan opini yang bertentangan mengenai apa yang dibeli oleh
keluarga atau pengaruh relative dalam keputusan tersebut.lasan untuk pengabaian
dalam studi pembelian keluarga adalah kesulitan dalam mempelajari tentang
keluarga sebagai organisasi. Survey dan metodologi penelitian pemasaran lain
lebih mudah dijalankan untuk individu daripada untuk keluarga. Pemberian
kuesioner kepada seluruh keluarga membutuhkan akses ke semua anggota pada waktu
yang lebih kurang sama, dengan menggunakan bahasa yang mempunyai makna sama
bagi semua anggota keluarga, dan menafsirkan hasil ketika anggota dari keluarga
yang sama melaporkan opini yang bertentangan mengenai apa yang dibeli oleh
keluarga atau pengaruh relative dalam keputusan tersebut.
Variabel Yang Mempengaruhi Pembelian
Menurut Wilkie (1990)
Tipe perilaku konsumen dalam melakukan pembelian dikelompokkan
menjadi empat berdasarkan tingkat keterlibatan pembeli dan tingkat keterlibatan
diferensiasi merek, yang dijelaskan sebagai berikut :
Budget Allocation
(Pengalokasian budget)
Pilihan konsumen terhadap suatu barang dipengaruhi oleh cara
bagaimana membelanjakan atau menyimpan dana yang tersedia, kapan waktu yang
tepat untuk membelanjakan uang dan apakah perlu melakukan pinjaman untuk
melakukan pembelian.
Product Purchase or Not (Membeli produk atau tidak)
Perilaku pembelian yang menggambarkan pilihan yang dibuat
oleh konsumen, berkenaan dengan tiap kategori produk atau jasa itu sendiri.
Store Patronage
(Pemilihan tempat untuk mendapatkan produk)
Perilaku pembelian berdasarkan pilihan konsumen, berdasarkan
tempat atau di mana konsumen akan melaksanakan pembelian produk atau jasa
tersebut. Misalnya, apakah lokasi bakery menjadi salah satu faktor yang
menentukan konsumen dalam melakukan proses pembelian.
Brand and Style Decision (Keputusan atas merek dan gaya)
Pilihan konsumen untuk memutuskan secara terperinci mengenai
produk apa yang sebenarnya ingin dibeli.
Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan membeli:
Kebudayaan
Kebudayaan ini sifatnya sangat luas, dan menyangkut segala
aspek kehidupan manusia. Kebudayaan adalah simbul dan fakta yang kompleks, yang
diciptakan oleh manusia, diturunkan dari generasi ke generasi sebagai penentu
dan pengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat yang ada.
Kelas social
Pembagian masyarakat ke dalam golongan/ kelompok berdasarkan
pertimbangan tertentu, misal tingkat pendapatan, macam perumahan, dan lokasi
tempat tinggal.
Kelompok referensi kecil
Kelompok ‘kecil’ di sekitar individu yang menjadi rujukan
bagaimana seseorang harus bersikap dan bertingkah laku, termasuk dalam tingkah
laku pembelian, misal kelompok keagamaan, kelompok kerja, kelompok pertemanan.
Keluarga
lingkungan inti dimana seseorang hidup dan berkembang,
terdiri dari ayah, ibu dan anak. Dalam keluarga perlu dicermati pola perilaku
pembelian yang menyangkut:
· Siapa yang
mempengaruhi keputusan untuk membeli.
· Siapa yang
membuat keputusan untuk membeli.
· Siapa yang
melakukan pembelian.
· Siapa pemakai
produknya.
Pengalaman
Berbagai informasi sebelumnya yang diperoleh seseorang yang
akan mempengaruhi perilaku selanjutnya.
Kepribadian
Kepribadian dapat didefinisikan sebagai pola sifat individu
yang dapat menentukan tanggapan untuk bertingkah laku.
Sikap dan kepercayaan
Sikap adalah suatu kecenderungan yang dipelajari untuk
bereaksi terhadap penawaran produk dalam masalah yang baik ataupun kurang baik
secara konsisten. Kepercayaan adalah keyakinan seseorang terhadap nilai-nilai
tertentu yang akan mempengaruhi perilakunya.
Konsep diri
Konsep diri merupakan cara bagi seseorang untuk melihat
dirinya sendiri, dan pada saat yang sama ia mempunyai gambaran tentang diri
orang lain.
Siklus Kehidupan Keluarga dan Perilaku Pembelian
Keluarga
berubah bersama waktu, melewati serangkaian tahap. Proses ini disebut silkus
kehidupan keluarga (SKK). Walaupun sudah digunakan di dalam literature sejak
tahun 1931, konsep tersebut mendapat pengaruhnya yang paling luas di dalam
penelitian pemasaran oleh Wells dan Gubar, dan belakangan di dalam buku karya
Reynolds dan Wells, yang memperhatikan bagaimana siklus kehidupan mempengaruhi
perilaku konsumen.
Struktur Keluarga dan Rumah Tangga yang berubah
Apa yang
dimaksud dengan sturktur keluarga kontemporer? Bagaimana struktur itu berubah?
Bagaimana struktur itu mempengaruhi konsumsi? Apakah realitas yang berkembang
dari struktur keluarga merupakan masalah atau peluang untuk organisasi
pemasaran? Ini adalah beberapa dari pertanyaan yang para peneliti konsumen
berusaha menjawabnya. Banyak jawaban tersebut melibatkan data dari sensus
dasawarsa dan laporan sementara oleh Biro Sensus?
a. Menikah atau
Single.
b. Ukuran Rumah
Tangga.
c. Perkawinan dalam
usia yang lebih lanjut.
d. Perceraian dan
perilaku konsumen.
e. Orang-orang single
yang hidup bersama.
f. Pemasaran untuk
orang single.
g. Perkawinan
kembali
sumber
http://bukunnq.wordpress.com/psikologi-perkembangan-keluarga/
http://emanuelbagus.wordpress.com/2013/01/15/faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-pembelian-konsumen/
http://id.wikipedia.org/wiki/Dinamika_kelompok
http://id.scribd.com/doc/45663536/tugas-P-K
Tidak ada komentar:
Posting Komentar